Informasi HP,menyajikan tips dan trik, review handphone terkini dan aplikasi seputar hp android dan iphone

2/11/2018

Cara Mengatasi Ponsel Android Cepat Panas

Cara Mengatasi Ponsel Android Cepat Panas - Ponsel android yang cepat panas sangat menggangu peformanya. Pasalnya dengan kondisi yang cepat panas, ponsel akan melambat dari segi kinerja. Selain itu dari segi keawetan perangkat pun menjadi lebih singkat. Maka dari itu sebelum semuanya terlambat anda mesti tahu apa saja cara mengatasi ponsel yang cepat panas. Pasalnya ponsel yang cepat panas ini memiliki banyak penyebab. Anda mesti mengidentifikasi terlebih dulu apa saja penyebabnya.

mengatasi hp android cepat panas

Kondisi overheating bisa disebabkan karena baterai yang sudah mulai usang. Selain itu penggunaan Wifi yang terus menerus, serta ponsel yang jarang istirahat juga menjadi penyebab kondisi tersebut. Beban memori internal yang besar juga bisa menjadi faktor mengapa android cepat mengalami overheating. Jika tidak segera ditangani dikhawatirkan akan menyebabkan kondisi ponsel rusak parah. Berikut ulasan selengkapnya untuk cara mengatasi ponsel android cepat panas. 


Berbagai Cara Mengatasi Ponsel Android Cepat Panas


1. Cek penggunaan Wifi

Fitur Wifi yang selalu diaktifkan akan menyebabkan smartphone cepat panas. Pasalnya jika tidak adanya sumber Wifi disekitar, ponsel akan bekerjakeras untuk mencari sumber Wifi. Alhasil daya baterai pun cepat habis dan ponsel menjadi cepat panas. Pastikan nyalakan fitur Wifi jika benar-benar terdapat sumbernya dan matikan fitur tersebut jika sudah selesai digunakan.

2. Matikan Bluetooth dan GPS

Banyak pengguna smartphone yang membiarkan bluetooth dan GPS nya tetap menyala. Padahal kedua fitur tersebut tidak sedang digunakan. sama halnya dengan Wifi, jika tidak terdapat sumber bluetooth disekitar maka ponsel akan bekerja lebih keras mencari sumber bluetooth. hal ini yang menyebabkan android cepat panas. Matikan kedua fitur tersebut jika sedang tidak digunakan.

3. Kurangi multi-tasking

Ponsel yang kerap mengerjakan fitur multitasking akan lebih mudah naik suhunya. Walaupun banyak smartphone android berfitur dewa namun pastikan tidak banyak aplikasi aktif yang bekerja bersamaan. Hal ini akan membuat ponsel cepat panas dan lag. Jika sedang tidak digunakan, tutup aplikasi android tersebut untuk meringankan kinerja smartphone.

4. Cek kondisi baterai

Jika ponsel cepat panas sementara anda sedang tidak melakukan apapun, cobalah cek kondisi baterai anda. bisa jadi baterai dalam kondisi usang atau kembung. Ganti baterai segera dengan yang baru. Pastikan gunakan baterai yang original agar tegangan yang diperlukan smartphone sesuai dengan output baterainya. Selain itu pastikan anda menggunakan charger yang original agar usia baterai pun lebih awet.

5. Hapus file sampah

File sampah yang menumpuk menjadi sebab mengapa ponsel cepat panas. Hal ini disebabkan karena memori internal menjadi semakin penuh. Selain itu CPU dan RAM pun akan terpancing menjadi cepat panas lantaran banyaknya file sampah yang menumpuk. Anda bisa menggunakan aplikasi khusus pembersih sampah atau dengan cara manual untuk membersihkan cache tersebut.

Baca juga : Cara mengatasi HP android untuk verifikasi akun gmail

Cara Mengatasi Ponsel Cepat Panas dengan aplikasi

Jika Cara-cara diatas kamu merasa belum puas, kamu pun dapat mengatasi hp android cepat panas menggunakan aplikasi yang biasanya sudah terinstall bawaan pabrik. Seperti yang di bahas di jalantikus.com. dengan pembahasan Cara jitu mengatasi HP android yang cepat panas.

1. Aplikasi Clean Master


Kamu bisa memakai Clean Master tuk menanggulangi smartphone Android kamu yang panas. Aplikasi clean master bukan hanya untuk ini saja tetapi multi fungsi, gunanya untuk semua tentang optimasi Hp kamu agar kinerja menjadi enteng dan juga rensponsif . Untuk mengatasi panas berlebih yang biasa di alami smartphone. Berikut ini fitur yang dimiliki Clean Master yaitu CPU Cooler.
Cara tahapan penggunaannya adalah :

  • Buka aplikasi Clean Master di smartphone kamu.
  • Pilih fitur Phone Boost di Home
  • Pada bagian paling atas (CPU Temperature), klik Check.
  • Clean Master akan men-scan aplikasi mana saja yang bikin panas.
  • Kamu akan di tampilkan aplikasi apa saja sih yang bikin HP kamu panas banget (Overheat), kemudian sentuh Cool Down.
  • Sekarang Smartphone kamu telah di maksimalkan agar tidak panas lagi.


2. DU Battery Saver

Layaknya Clean Master, aplikasi DU Battery Saver memiliki fungsi sama memaksimalkan smartphone kamu biar enteng di gunakan. Untuk mengatasi HP Android kamu biar tak panas, DU Battery Saver mempunyai fitur Phone Cooler untuk mengurangi pemakaian aplikasi yang memang tak di gunakan ataupun bekerja di balik layar (background). Inilah cara - cara menggunakannya:


  • Silahkan kamu buka aplikasi DU Battery Saver di HP Android kamu.
  • Dan pilihlah fitur Smart pada posisi Home.
  • Pada posisi atas terlihat fitur Phone Cooler, sentuhlah dan biarkan saja DU Battery Saver melakukan scan.
  • Setelah DU Battery Saver melakukan scan terhadap HP kamu
  • Selepas itu akan tampilan aplikasi apa saja yang mengakibatkan panas, kemudian sentuh Cool Down
  • Sekarang HP Android kamu akan terasa menurun suhunya dalam sekejap.
Baca juga : Cara Download aplikasi lebih dari 100mb

Itu dia berbagai cara mudah mengatasi ponsel android yang cepat panas. Semoga membantu dan selamat mencoba. 

Cara Mengatasi Ponsel Android Cepat Panas Rating: 4.5 Diposkan Oleh: haikal

0 comments:

Post a Comment